Sabtu, 03 Mei 2008

Awal Mula Sulap

Pertengahan Oktober 2007 lalu, pengunjung kolam renang Waterboom Karawaci Tangerang mendadak riuh. Pasalnya, seorang lelaki berjas hitam panjang, dengan potongan rambut ala kaisar Cina melakukan atraksi yang selama ini cuma ada di cerita-cerita silat. Berjalan di atas air. Lelaki itu kolam setapak demi setapak.

Di bawah kakinya, beberapa orang berenang. Beberapa orang memastikan aksi itu bukan tipuan semata. Para pengunjung kolam tegang. Sanggupkah lelaki berjas hitam, itu sampai ke seberang kolam? Kenyataannya, ia berhasil melakukannya. Tepuk tangan pun menggema. Banyak yang kagum sekaligus penasaran dengan kemampuan lelaki itu. Kok bisa ya, manusia berjalan di kolam? Lelaki yang ternyata pesulap kesohor Indonesia, Deddy Corbuzier itu menjawab sambil tersenyum.”Ini bukan hal aneh, karena bisa dipelajari. Ini ilmu kundalini asal India untuk mengontrol daya gravitasi.”
Bisa mengontrol daya gravitasi? hmm, tambah bikin penasaran ya.
--***--

Sebenarnya apa yang dilakukan Deddy adalah bagian dari pertunjukan sulap. Jangan salah, sulap masa kini nggak terbatas pada permainan kartu, atau menghilangkan dan menemukan barang-barang saja. Sulap masa kini udah berkembang sangat pesat. Jenisnya pun udah macam-macam. Yakni permainan sulap kartu (card magic), ilusi visual (illusionist), trik membaca pikiran (mentalist), meloloskan diri dari berbagai alat pembelenggu (escapologist), dan sulap yang menggunakan teknologi dalam setiap triknya (techno magic). Biasanya setiap pesulap menguasai setiap jenis sulap ini, tetapi mereka mengambil spesialisasi sendiri.Jadi, belajar sulap itu kayak belajar di fakultas kedokteran. Bila udah tahu dasar-dasar sulap secara umum, selanjutnya kita bisa ambil spesialisasinya.

Sulap sebenarnya sebuah seni pertunjukan yang bertujuan bikin orang penasaran, takjub dan terhibur. Untuk mendukung sebuah pertunjukan sulap, biasanya pertunjukan ini digabungkan dengan seni musik, seni tari maupun lukis. Ada juga yang menggabungkan keterampilan sulap dengan ilmu fisika, biologi, kimia, psikologi, dan lain-lain. Jadi, meskipun aneh en gak masuk akal, kebanyakan trik sulap bisa dijelaskan secara ilmiah.
Seni sulap udah dikenal lama banget. Sebuah dokumen tua berusia 1700 SM, menceritakan sebuah kisah sulap menarik. Seorang pesulap Mesir dipanggil untuk menghibur Raja Cheops. Ia melakukan trik memotong kepala seekor hewan, dan mengembalikannya dalam keadaan hidup tanpa terluka sama sekali. Oleh sang Raja, pesulap tersebut diminta untuk mengulang triknya dengan menggunakan narapidana. Pesulap itu menolaknya.
Ada juga dokumen lukisan yang terdapat di dinding sebuah kuburan tua di Mesir, bernama Beni Hasan. Situs ini diperkirakan telah berusia antara 2.500-2.200 tahun SM. Lukisan itu menggambarkan dua orang yang sedang bermain dengan empat buah cangkir. Permainan tersebut dikenal sebagai Cups and balls. Merupakan trik sulap yang sangat tua dan masih populer hingga saat ini.

Sulap mulai menjadi seni pertunjukan yang dikemas profesional sejak abad 18. Isaac Fawkes salah seorang pelopornya. Ia dikenal karena kehebatannya menumbuhkan pohon apel hanya dalam waktu kurang satu menit. Bahkan bukan hanya menumbuhkannya, Fawkes juga mampu membuat pohon itu mekar dan menghasilkan buah. Berkat kelihaiannya ini, ia mendapat banyak uang dan menjadi kaya raya.

Sosok penting lainnya dalam dunia sulap adalah Giuseppe Pinetti (1750 -1800) seorang Itali. Ia tampil di berbagai tempat, termasuk istana untuk mempertunjukkan kemahirannya bermain sulap. Pada tahun 1784, ia bahkan mengadakan pertunjukan di Haymarket Theatre, London. Pertunjukannya ini menandai dimulainya sejarah baru dunia sulap. Citra sulap pun berubah. Dari sekadar seni sulap jalanan dan pengisi festival pekan raya, menjadi sebuah pertunjukan teater yang megah dan besar.

Sekarang seni sulap berkembang sangat pesat dan sudah merambah ke seluruh dunia. Para pesulap tak lagi dipandang sebagai penghibur kelas dua. Mereka sangat ngetop, menyamai kepopuleran aktor dan aktris film. Tak hanya itu, para pesulap ini juga punya cita-cita untuk lebih memasyarakatkan sulap. Mereka mendirikan sekolah-sekolah dan situs-situs sulap. Kalau kamu berminat atau cuma penasaran dengan sekolah sulap ini, boleh intip situs-situs mereka. Salah satunya magicstation-indo.com.

(about-potter/blackjademagic/wiki/popsy/blackja demagic/magicstation-indo)

 

© 2007 Diamond Magic Community: Awal Mula Sulap | Design by Template Unik



Template unik dari rohman


[KEMBALI KE ATAS]